Tiga Terduga Teroris Tewas di Poso, Satu Asal China - Radar Militer

18 Maret 2016

Tiga Terduga Teroris Tewas di Poso, Satu Asal China

Operasi Tinombala Sulawesi Tengah
Operasi Tinombala Sulawesi Tengah

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Anton Charliyan mengatakan satu dari tiga terduga teroris yang tewas dalam baku tembak di Poso, Selasa, 15 Maret 2016, adalah warga China.
"Terduga teroris yang dimaksud memiliki ciri-ciri fisik sebagai warga negara asing. Diduga, orang tersebut merupakan warga suku Uighur, China," katanya di Mabes Polri Jakarta, Rabu, 16 Maret 2016.
Anton mengatakan dugaan tersebut tampak dari warna kulit tersangka yang putih. Kendati demikian, hingga saat ini polisi masih mengidentifikasi jenazah tersebut.
Tim operasi Tinombala terlibat baku tembak dengan terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Pegunungan Tabalosa, Lore, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa kemarin. Dari kejadian tersebut, tiga terduga teroris ditemukan tewas.
Awalnya polisi hanya menemukan dua jenazah. Pada penyisiran sore hari, polisi kembali menemukan satu jenazah di sungai. Diduga satu jenazah tersebut adalah warga China.
Anton menambahkan, berdasarkan data intelijen Polri, anggota kelompok MIT pimpinan Santoso alias Abu Wardah itu kini tersisa 38 orang. Meski begitu, ia tidak menutup kemungkinan anggota kelompok tersebut akan bertambah. Pasalnya, saat ini banyak simpatisan kelompok lain yang berafiliasi dengan ISIS bergabung dalam kelompok Santoso.
"Kemarin juga kami temukan simpatisan yang mengirim makanan," katanya.

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/news/2016/03/16/063754153/tiga-terduga-teroris-tewas-di-poso-satu-asal-cina

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb