HHI Serahkan Kapal Selam Type 214 KSS-2 Ketujuh ke AL Korea Selatan - Radar Militer

25 Januari 2018

HHI Serahkan Kapal Selam Type 214 KSS-2 Ketujuh ke AL Korea Selatan

Kapal Selam Type 214 KSS-2
Kapal Selam Type 214 KSS-2  

Badan Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA) telah mengumumkan penyerahan kapal selam KSS-2 ketujuh, yang diproduksi oleh Hyundai Heavy Industries (HHI) ke Angkatan Laut Republik Korea. Kapal selam kelas Son Won-il tersebut diberi nama Hong Beom-do, nama seorang pahlawan perjuangan kemerdekaan Korea Selatan.
Kapal selam tersebut merupakan kapal selam desain Type 214, yang dilengkapi dengan propulsi diesel AIP (Air-Independent). Hyundai Heavy Industries sejauh ini telah membangun empat kapal selam dalam kelas yang sama dan tengah membangun kapal selam yang kelima. Angkatan Laut Korea Selatan akan memasukkannya ke dalam operasi tempur pada bulan Mei setelah menyelsaikan pelatihan awak kapal.
Korea Selatan memesan batch pertama terdiri dari tiga kapal selam Type 214 pada tahun 2000. Pesanan kedua dilakukan pada tahun 2009 untuk enam unit tambahan, yang menampilkan perbaikan dalam hal otonomi berkat sistem AIP. Dari total sembilan kapal selam, HHI dijadwalkan untuk membuat enam kapal selam dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering membuat tiga kapal. Kapal selam KSS-2 kesembilan dan terakhir di batch Sin Dol-Seok diluncurkan di galangan kapal Hyundai Heavy Industries di Ulsan pada tanggal 7 September.
Kapal selam KSS-2/Type 214 dari AL Korea Selatan memiliki panjang 65 m, lebar 6,3 m, draft 6 m. dan mampu mencapai kedalaman 400 m. Jumlah awak terdiri dari 40 orang. Senjata yang digunakan termasuk ranjau dan torpedo White Shark yang diluncurkan dari delapan tabung 533 mm. "Dalam hal kemampuan operasi bawah laut yang luar biasa, kapal ini akan menambah kekuatan bawah laut Angkatan Laut kami, yang lebih sedikit dalam hal jumlah dari kapal selam Korea Utara," kata Choi Hee Kyung, kepala tim program kapal selam.
Sementara itu, Angkatan Laut Korea Selatan akan mulai memperkenalkan kelas kapal selam berikutnya, yaitu kelas KSS-III pada tahun 2020. (Angga Saja - TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb