Kapal Selam Scorpene Pertama Brasil Masuki Fase Perakitan Akhir - Radar Militer

26 Februari 2018

Kapal Selam Scorpene Pertama Brasil Masuki Fase Perakitan Akhir

Kapal Selam Scorpene Pertama Brasil
Kapal Selam Scorpene Pertama Brasil  

Presiden Brasil Michel Temer pada hari Selasa (20/02) meluncurkan fase perakitan akhir kapal selam elektrik diesel kelas Riachuelo, di Shipyard and Naval Base (SNB) Itaguai Brasil, lapor Xinhua.
S40 Riachuelo adalah kapal pertama dari empat kapal selam Scorpene yang sedang dibangun di Brasil berdasarkan kontrak tahun 2008 antara perusahaan Naval Group Prancis (dahulu bernama DCNS) dan Angkatan Laut Brasil. Setelah perakitan akhir, kapal selam direncanakan akan diluncurkan akhir tahun ini dan memasuki kedinasan pada tahun 2020.
Program Pengembangan Kapal Selam Brasil (PROgrama de SUBmarinos atau PROSUB) meliputi juga tiga unit kapal selam konvensional dalam kelas yang sama (Humaita S41, Tonelero S42 dan Ango Stura S43) dan kapal selam Brasil pertama dengan penggerak nuklir (SSN). Kontrak yang ditandatangani mencakup desain, produksi, dan transfer teknologi yang diperlukan untuk empat kapal selam konvensional kelas Scorpène, dan bantuan desain dan produksi untuk bagian non-nuklir kapal selam nuklir Brasil.
Menurut situs Military Factory, S40 Riachuelo berukuran sepanjang 75 kaki yang mampu bergerak dengan kecepatan 21 knot saat menyelamdan sekitar 12 knot saat dipermukaan. Sebagai kapal selam serang, kapal selam tersebut akan dilengkapi enam tabung torpedo yang dapat menembakkan torpedo 21 inchi yang secara luas telah digunakan dan juga rudal anti-kapal Prancis SM-39 Exocet Block II Mod.2. (Angga Saja - TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb