Sekjen NATO : Pembelian S-400 Turki Jadi Masalah yang Sangat Sulit - Radar Militer

27 Februari 2018

Sekjen NATO : Pembelian S-400 Turki Jadi Masalah yang Sangat Sulit

 S-400
 S-400 

Posisi Turki sebagai negara anggota NATO yang bersikukuh untuk tetap membeli rudal S-400 dari Rusia telah menjadi onak duri dalam hubungan negara NATO. Sekjen NATO Jens Stoltenberg menggambarkan pembelian rudal oleh Turki tersebut seperti dikutip dari Hurriyet (22/2), sebagai suatu masalah yang sangat sulit bagi NATO.
“Saya sadar bahwa Turki sudah membuat perjanjian dengan Rusia untuk membeli S-400. Ini adalah keputusan Turki sendiri. NATO hanya bisa melihat dari jauh saja dan tidak ikut campur urusan dalam negeri Turki."
"Yang jadi masalah bagi NATO adalah satu pertanyaan, apakah S-400 akan diintegrasikan dalam sistem pertahanan udara NATO. Saat ini tidak ada permintaan dari Turki.”
“Tanpa perlu didalami, ini sudah pasti akan jadi masalah sulit,” karena tentu sistem Rusia tidak kompatibel dengan NATO. Padahal NATO sendiri saat ini sedang berjuang mengintegrasikan sistem di pesawat tempur, kapal perang, dan stasiun radar darat agar bisa saling berbagi informasi dan meningkatkan jangkauan radar. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb