Sistem Hanud KS-1/HQ-12 Buatan Tiongkok Telah Masuk Kedinasan Angkatan Bersenjata Thailand - Radar Militer

08 Februari 2017

Sistem Hanud KS-1/HQ-12 Buatan Tiongkok Telah Masuk Kedinasan Angkatan Bersenjata Thailand

Sistem Hanud KS-1/HQ-12 Buatan Tiongkok
Sistem Hanud KS-1/HQ-12 Buatan Tiongkok

Menurut foto-foto yang dirilis di internet, Thailand telah menerima sistem pertahanan udara KS-1 buatan Tiongkok. Angkatan bersenjata Thailand telah menerima satu baterai KS-1CM termasuk tiga atau empat kendaraan peluncur.Sistem rudal tersebut pertama kali ditampilkan di Thailand pada pameran oleh Angkatan Udara Thailand di pangkalan Wing 7 Surat Thani dalam rangka peringatan Hari Anak.
Pada bulan September 2016, diberitakan bahwa Thailand telah menyelesaikan kontrak dengan Tiongkok untuk pembelian sistem pertahanan udara anti-pesawat KS-1 yang juga disebut sebagai HQ-12 versi ekspor. Thailand kini menjadi negara ketiga yang dilengkapi dengan sistem rudal KS-1, setelah Myanmar dan Turkmenistan.
KS-1 adalah rudal permukaan-ke udara yang dikembangkan pada 1980-an untuk menggantikan sistem pertahanan udara HQ-61. Sistem tersebut pertama kali diuji pada tahun 1989 dan uji coba akhir diselesaikan pada tahun 1994.
Rudal KS-1 menggunakan propelan padat, berat total rudal 886 kg, dipasang pada peluncur ganda, mampu menghancurkan target udara yang terbang dengan ketinggian 0,5 km hingga 25 km, jarak horisontal 7 sampai 42 km (tipe KS-1A hingga 50 km), kecepatan terbang maksimum 1.200 m/detik.
Peluncur kendaraan KS-1A didasarkan pada chassis truk militer 6x6 dengan peluncur rudal dua rel yang terletak di bagian belakang truk.
Sumber : http://armyrecognition.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb